Tuesday, December 24, 2013

Jangan Gundah untuk Retreat!



Jangan Gundah untuk Retreat!
Pagi semua, kali ini gw bakal meretreat kehidupan yang selama ini gw jalani. So retreat itu apa sebenarnya, oke gw bakal jelasin dikit banget akan hal itu. Kalo gw pake bahasanya Awan Santosa selaku pengarang buku”Rok Mini” doi bilang definisi retreat yaitu mengingat kembali kesuksesan masa lalu. Ya, kalo gw bilang sih sejenis meromantisme kenangan indah akan prestasi dimasa silam, dan dijadikan landasan sebagai bahan peledak untuk kehidupan sekarang agar prestasi dulu yang telah lama mati bisa bangkit kembali. So, ini bukan masalah lo gak bisa move on. Tapi ini terkait kenangan prestasi yang elo rindukan dan kebelet banget pengen lo ulang dimasa kini.
Saatnya gw membangkitkan gairah-gairah prestasi yang telah lama tertahan dan tak kunjung ejakulasi. So, gw akan mulai dari prestasi yang pernah diraih walaupun tingkatannya gak tinggi-tinggi banget. Di komplek rumah gw adalah lapangan serbaguna, itu lapangan biasa dipake untuk kebutuhan jasmani warga RT gw. Itu tempat dulunya asik banget, tapi gw baru bener_bener bisa maen secara total disana sekitar kelas 3 SMP. Gw termasuk anak yang Anti Sosial dengan temen” komplek laen, bukan karena gw freak tapi lebih kearah pemalu. Gw waktu dulu lebih sering di rumah dengan keasikan nonton tv atau tidur aja. Tapi sebuah perayaan 17-an mengharuskan gw untuk keluar dari zona nyaman, jadi ada pertandingan futsal perkomplek. Dan komplek gw anak cowonya Cuma ada enam biji, akhirnya gw mutusin untuk gabung maen futsal. Tapi emangnya gw bisa maen futsal? Kalo ini jangan ditanya lah, walaupun gw termasuk anak yang pemalu tapi gw cinta banget sama yang berbau jasmani, dan gw sempet ikut Sekolah Sepak Bola dan ekskul sepak bola di sekolah. So, posisi yang kosong adalah penjaga gawang, ini merupakan posisi yang paling malesin. Perannya cuman digebokin sama lawan dan gak ada segi untungnya, dari segi ketenaran sungguh jarang penjaga gawang yang diidolakan apalagai hanya sekelas kejuaran tingkat RT. Tapi gw malah ngambil peran itu di tim, gw jaman dulu cungkirng parah dan ringkih dah pokonya haha. Tapi entah kenapa gw mulai menghayati peran ini, seolah-olah raga gw dirasuki oleh ruh Buffon sekaligus Casillas, So gw jadi kipper yang tangguh. Temen-temen gw baru sadar bahwa RT 04 itu punya kipper yang tangguh. Kenapa bisa gitu, karena lawan gw pada saat itu adalah tim yang udah dipastikan bakal lolos final padahal ini baru game pertama, tapi tim itu udah dipredeksi bakal masuk final aja. Temen-temen gw mulai sedikit tersentak ketika, striker jagoan komplek selalu terpatahkan tendangan-tendangannya, dan yang menghadang tendangannya yaitu manusia yang kurus dan ringkih plus gak popular pula.
Semuanya teriak “Shoooot!” tendangan yang berjarak lumayan jauh tapi cepat mulai mengarah kearah gawang yang gw jaga, seolah dunia menjadi slow motion. Temen-temen gw langusung terpana melihat bola yang menerjang bagaikan peluru, semua terdiam tak bisa bergerak bahkan raisa pun berhenti mengukuti alunan melodi dan, lah dan apaan salah masuk teks, nh sory!
Gw mencoba untuk melompat, gw inget banget bagian gw yang ini serupa ketika si wakabayasi pengen nahan tendangan macannya si hyuga. Akhirnya gw tiru aja tehnik wakabayasi, gw melompat dengan elagen sambil menjulurkan tangan beserta lidah dan sampe terlihat amandelnya haha. Dan ternyata Jedeeer! Tangan kanan gw berhasil menyentuh sedikit bola yang melaju bagaikan rembulan dikala malam (ngaco), tapi itu belum berakhir, yang gw kenain hanya sedikit bagia jadinya bola tak terhenti pantulan dari tepisan gw masih melaju ke gawang dengan pelan namun pasti banget bisa jebol. Gw harus cepat gw gawang untuk menahan bola yang melaju dengan anggun, akhirnya coba hubungi Paul Walker untuk anterin gw biar cepet sampe gawang, tapi sayangnya gak ada sinyal, GAWAT!!!. Eh boong ding. Akhirnya gw coba khayang sambil goyang poco-poco yang diiringi oleh acapela dari ibu” yang baru kelar ngaji, eh ini boong lagi ding.
Akhirnya gawang gw kebobolan, sedih memang ketika gawang yang kita jaga telah terobek jalanya hanya dengan bola yang melaju pelan. Pertandingan pun usai, tim gw kalah dengan sukses.  Tapi tuhan memiliki rencana yang kece buat gw, momentum kehidupan gw mulai berubah. Gw sering banget dikala sore ke lapangan serbaguna untuk maen futsal, dan gw jadi banyak temen bahkan gw selalu diperbutkan untuk menjadi penjaga gawang. Masa itu asik banget, momentum dimana anak-anak pada kumpul dan berinteraksi secara total. Sekarang gw udah kuliah, gw jarang banget pulang ke Depok, saat ini lebih banyak gw stay di Jakarta. Bahkan lapangan serbaguna yang dulu menjadi tempat dimana sosok gw berbubah udah gak keurus gara” anak-anak udah tumbuh dewasa dan mulai punya urusan dengan dunia sekolah dan kampusnya. Ya kaya gw ini, banyak urusan kampus yang harus dijalani. Gw pengen banget nerapin ilmu organisasi yang gw dapet untuk bangun gerakan “Ayo Bangun Lapangan” tapi waktu gw terpingit oleh dunia kampus yang tiada habisnya.

No comments:

Post a Comment